Kamis, 09 Mei 2013

Facebook Membeli Pemetaan / Lalu Lintas Sosial Web Waze


Facebook tampaknya dekat untuk membuat akuisisi miliar dolar lagi untuk sekali lagi meningkatkan upaya mobile: menurut tiga laporan dalam pers Israel pada Calcalist dan publikasi saudara Ynet dan The Marker (semua dalam bahasa Ibrani), Facebook telah mendekati Waze, yang pemetaan sosial dan pembuat app lalu lintas, dan sekarang dalam due dilligence maju pada kesepakatan yang menempatkan Calcalist di antara $ 800 juta dan $ 1 miliar. Negosiasi antara jaringan sosial dan aplikasi pemetaan crowdsourced tampaknya mulai enam bulan lalu.

Kami telah menggali terlalu dan telah mengambil konfirmasi dari sumber yang kedua belah pihak secara pribadi menegaskan bahwa kesepakatan yang terjadi, dan bahwa harga pertama yang dilaporkan oleh Calcalist tersebut akurat. Satu-satunya masalah sekarang, kata sumber itu, adalah apakah untuk menjaga Waze di Israel atau apakah akan bawa ke AS, seperti Facebook lakukan dengan dua Israel acqusitions sebelumnya. Mereka adalah fitur ponsel antarmuka pengembang Snaptu (dibeli untuk sampai $ 70 juta pada Maret 2011) dan wajah pengakuan spesialis Face.com (dibeli pada bulan Juni 2012 untuk $ 50-60 juta).

Tapi! Facebook dan Waze telah datang kembali kepada kami dengan non-tanggapan datar. "Kami tidak mengomentari rumor atau spekulasi tentang bisnis," kata seorang juru bicara di Waze TechCrunch. Perusahaan memberitahu saya bahwa saat ini memiliki lebih dari 47 juta pengguna aktif - lebih dari dua kali lipat apa itu pada Juli tahun lalu ketika melaporkan 20 juta.

"Kami tidak akan mengomentari spekulasi," kata juru bicara Facebook.

Jika rumor ini benar, menambahkan Waze ke Facebook membuat banyak akal dalam beberapa hal: Facebook telah menempatkan banyak usaha dalam bisnis mobile, yang kini memiliki 751.000.000 pengguna aktif bulanan pada tanggal 31 Maret 2013, meningkat 54% tahun-ke tahun. Yang menempatkan ponsel di jalur cepat pada saat ini selain bisnis dekstop Facebook, yang saat ini memiliki 1,11 miliar yang MAU, meningkat 23% dari tahun ke tahun.

Yang paling baru dari gerakan pada layanan mobile Facebook Home, sebuah peluncur berbasis Android yang memungkinkan pengguna menanamkan koneksi ke grafik sosial Facebook mereka di seluruh pengalaman mobile mereka dengan layanan seperti selalu hadir Kepala obrolan. Di jalur lain, Facebook telah bertahun-tahun kini telah membangun bisnis di sekitar lokasi berbasis check-in, yang juga mencakup transaksi lokal. Sebuah layanan seperti Waze, dengan jejaring sosial dan crowdsourcing informasi bagian dari DNA-nya, masuk akal.

Ini tidak akan menjadi yang pertama akuisisi 10-angka Facebook dalam ruang mobile. Hanya lebih dari satu tahun yang lalu, menjelang IPO, Facebook membeli Instagram seharga $ 1 miliar, kesepakatan yang memiliki porsi besar dalam stok dan akhirnya menjadi senilai lebih seperti $ 747.000.000 ketika akhirnya mendapat disetujui. Itu pun, memberi Facebook lompatan besar ke layanan mobile: sementara Instagram hari ini juga memiliki cara mudah untuk melihat profil di web dekstop, pada intinya itu adalah aplikasi mobile yang sangat populer bagi banyak bekerja sebagai jaringan sosial yang sendiri tepat.

Ini juga akan menjadi pertama kalinya bahwa Waze telah di garis bidik rumor akuisisi. Salah satu kesepakatan yang hangat dilaporkan oleh banyak orang, termasuk kita, yang terlibat Apple membeli perusahaan pemetaan. Tentu saja itu akhirnya tidak terjadi, meskipun dua jelas berbicara banyak karena Waze akhirnya menjadi bagian penting Apple Maps.

Facebook awal tahun ini melaporkan bahwa hal itu berlalu 1 miliar pengguna, dan kemungkinan bahwa miliar berikutnya mungkin tidak akan berada di Waze AS memiliki sekitar sepertiga dari para penggunanya di AS dengan sisanya di seluruh dunia. Akuisisi masa lalu Facebook startup lain Israel, Snaptu, yang mengembangkan layanan untuk fitur ponsel, adalah kesepakatan lain yang membantu jaringan sosial mengatasi populasi yang berkembang dari pengguna ponsel di pasar berkembang, Waze, bagaimanapun, akan membantu perusahaan membidik khusus pada pengguna smartphone .

Sementara Waze R & D di Israel, kantor AS, dan CEO Noam Bardin, yang berbasis di (lama menghantui Facebook) Palo Alto, di mana perusahaan baru ini didekorasi ulang jendela depan.