Kamis, 09 Mei 2013

Sony posting pertama laba setahun penuh dalam 5 tahun


Sony melaporkan laba bersih setahun penuh pertama dalam lima tahun pada hari Kamis dan mengatakan pihaknya memperkirakan pendapatan akan tumbuh sebesar 16 persen lebih lanjut tahun ini dibantu oleh upaya restrukturisasi dan pelemahan yen.

Elektronik Jepang dan kelompok hiburan mengatakan, laba bersih untuk tahun yang berakhir pada bulan Maret mencapai Y43bn ($ 435m), sebuah turnround dari kerugian Y457bn sangat besar tahun sebelumnya. Untuk tahun berjalan, mereka mengharapkan untuk mendapat keuntungan Y50bn.

Sony dibantu pada kuartal terakhir oleh pasar mata uang yang mengetuk hampir 20 persen dari nilai yen terhadap dolar dan euro dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, memperkuat pendapatan di luar negeri.

Yang ditambahkan ke efek drive restrukturisasi melalui Sony telah menghilangkan 10.000 pekerjaan, atau sekitar 6 persen dari tenaga kerjanya, menyusut bisnis manufaktur televisi lossmaking dan menjual kantor pusatnya $ 1 miliar di New York.
Sony membukukan laba Y94bn pada kuartal Januari-to-Maret, dibandingkan dengan kerugian Y255bn tahun sebelumnya.

Operasi TV sekali-dominan tetap merah, namun. Empat puluh dari eksekutif puncak Sony, Kazuo Hirai termasuk, chief executive, harus menyerah bonus senilai 30-50 persen dari gaji mereka setelah mereka gagal untuk menjaga janji untuk kembali divisi kronis lemah untuk keuntungan.

Prakiraan Sony untuk tahun hingga Maret berikutnya adalah lebih sederhana dari pakar industri yang diharapkan. Analis yang disurvei oleh Bloomberg sebelum pengumuman proyeksi pendapatan laba bersih sebesar Y66bn rata-rata.

Sony mengatakan laba operasi - laba inti sebelum pajak, depresiasi, dan lain penyesuaian - mungkin akan tetap statis tahun ini di Y230bn, bahkan ketika penjualan tumbuh dengan 10 persen yang diharapkan sebagian berkat nilai tukar yang lebih menguntungkan.